Jadwal Pelaksanaan Simulasi UNBK dan UNBK Utama SMP/MTs SMA/MA dan SMK Tahun pelajaran 2017-2018

Assalamu'alaikum Wr.Wb.
Salam Edukasi  Indonesia,
SIMULASI UNBK SMA
Jadwal Pelaksanaan Simulasi UNBK dan UNBK Utama SMP/MTs SMA/MA dan SMK Tahun pelajaran 2017-2018

Selamat malam sahabat pendidik serta rekan tenaga kependidikan yang ada di seluruh Indonesia.Selamat datang dan berjumpa kembali dengan saya di blog liputanguruindonesia.blogspot.com.Pada kesempatan malam ini saya akan berbagi materi serta informasi Jadwal pelaksanaan Simulasi UNBK dan UNBK Utama SMP/MTs,SMA/MA dan SMK Tahun pelajaran 2017/2018.

Ujian Nasional Berbasis Komputer ( UNBK ) disebut juga Computer Based Test ( CBT ).adalah sistem pelaksanaan Ujian Nasional denagn menggunakan kompuetr sebagai sarana ujiannya.Dalam pelaksanaannya UNBK berbeda dengan sistem Ujian Nasional berbasis kertas  atau Paper Based Test( PBT ) yang selama ini sudah berjalan.

Pelaksanaan UNBK pertama kali di laksanakan pada tahun 2014 secara online dan terbatas di SMP Indonesia Singapura dan SMP Indonesia di Kuala Lumpur ( SIKL ).Hasil penyelenggarakan UNBK pada kedua sekolah tersebut menggembirakan dan semakin mendorong untuk meningkatan literasi siswa terhadap TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi ).

Selanjutnya secara bertahap pada tahun 2015 dilaksanakan rintisan UNBK dengan mengikutsertakan sekolah sebanyak 556 sekolah yang terdiri dari 42 SMP/MTs,135 SMA/MA,379 SMK di 29 Provinsi dan luar negeri.Pada tahun 2016 dilaksanakan UNBK dengan mengikutsertakan sebanyak 4382 sekolah yang terdiri dari 984 SMP/MTs,1298 SMA/MA,dan 2100 SMK.

Penyelenggaraan UNBK saat ini menggunakan sistem semi online yaitu soal dikirim dari  server  pusat secara online melalui jaringan(sinkronisasi)ke server lokal ( sekolah ),kemudian ujian siswa dilayani oleh server sekolah (lokal) secara offline.Selanjutnya hasil Ujian di kirim kembali ke server sekolah (lokal)  ke server pusat secara online(upload ).

Bagi bapak/ibu guru yang sekolahnya menyelenggarakan UNBK(Ujian Nasioan Berbasis Komputer),silahkan segera mempersiapkan bahan materi serta mengunduh jadwal simulasi serta jadwal Utama UNBK untuk tingkat SMP/MTs,SMA/MA dan SMK tahun pelajaran 2017/2018.


Silahkan baca juga artikel terkait dengan UNBK:
  1.  Kumpulan soal-soal UN SMA mulai kelas X,XI,XII 
  2. Format Penilaian Kurikulum 2013 SMA
  3. Buku Guru dan Siswa SMP/MTs Kurikulum 2013 
Demikian informasi mengenai Jadwal Simulasi dan UNBK Utama SMP/SMA/SMK/MA tahun pelajaran 2017/2018 yang dapat saya bagikan pada kesempatan malam ini.Semoga bermanfaat bagi rekan guru semuanya.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jadwal Pelaksanaan Simulasi UNBK dan UNBK Utama SMP/MTs SMA/MA dan SMK Tahun pelajaran 2017-2018"