Pedoman Penulisan Paragraf Bahasa Indonesia Secara Benar

Pedoman Materi Tentang Paragraf Bahasa Indonesia Secara Benar

Pedoman Penulisan Paragraf Bahasa Indonesia Secara Benar- Penggunaan bahasa Indonesia saat ini dalam kondisi yang memprihatinkan. Kita menyaksikan di ruang-ruang publik bahasa Indonesia nyaris tergeser oleh bahasa asing. Ruang publik yang seharusnya merupakan ruang yang menunjukkan identitas keindonesiaan melalui penggunaan bahasa Indonesia ternyata sudah banyak disesaki oleh bahasa asing. Berbagai papan nama, baik papan nama pertokoan, restoran, pusat-pusat perbelanjaan, hotel, perumahan, periklanan, maupun kain rentang hampir sebagian besar tertulis dalam bahasa asing.

Mutu penggunaan bahasa Indonesia dalam berbagai ranah, baik ranah kedinasan, pendidikan, jurnalistik, ekonomi, maupun perdagangan, juga belum membanggakan. Di dalam berbagai ranah tersebut, campur aduk penggunaan bahasa masih terjadi. Berbagai kaidah yang telah berhasil
dibakukan dalam pengembangan bahasa juga belum sepenuhnya diindahkan oleh para pengguna bahasa.
Pedoman Penulisan dan Macam-Macam Paragraf
Pedoman Penulisan dan Macam-Macam Paragraf

Pedoman Penulisan Paragraf Bahasa Indonesia Secara Benar- Sementara itu, para pejabat negara, para cendekia, dan tokoh masyarakat, termasuk tokoh publik, yang seharusnya memberikan keteladanan dalam berbahasa Indonesia ternyata juga belum dapat memenuhi harapan masyarakat.Penghargaan kebahasaan yang pernah diberikan kepada para tokoh masyarakat tersebut tampaknya belum mampu memotivasi mereka untuk memberikan keteladanan dalam berbahasa Indonesia.

Di dalam sebuah tulisan atau karangan biasanya terdapat bagian yang agak menjorok ke dalam. Bagian yang secara fisik sudah tampak dengan nyata karena adanya tanda menjorok itu disebut paragraf. Dengan kata lain, batas-batas paragraf ditandai indensi (dimulai pada huruf ke sekian dari margin kiri). 

Pada kesempatan kali ini,kami akan berbagi materi terkait dengan Tata Bahasa yang baku,bentuk Paragraf serta hal-hal yang terkait dengan penulisan paragraf yang benar.Materi ini kami ambil dari Pusat Pembinaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pada materi ini kita akan mengkaji jenis-jenis paragraf secara detail dan lengkap.Materi ini sangat penting untuk disampaikan kepada peserta didik di sekolah.
  1. Buku Penyuluhan Paragraf.pdf
  2. Buku Penyuluhan Kalimat.pdf
  3. Buku Penyuluhan Ejaan.pdf
  4. Buku Penyuluhan Bentuk Pilihan Kata (BPK).pdf
Demikian materi terkait dengan Pedoman Penulisan Paragraf Bahasa Indonesia Secara Benar Sesuai Dengan Pusat Pembinaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.Semoga dengan bapak/ibu guru serta peserta didik mempelajarinya akan menambah penegtahuan dan kecintaan terhadap penggunaan bahasa Indonesia dengan baik dan benar.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pedoman Penulisan Paragraf Bahasa Indonesia Secara Benar"