Buku Pedoman Penulisan Ejaan Bahasa Indonesia

Buku Pedoman Penulisan Ejaan Bahasa Indonesia 

Buku Pedoman Penulisan Ejaan Bahasa Indonesia  Sesuai Dengan Pusat Pembinaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa- Mutu penggunaan bahasa Indonesia dalam berbagai ranah, baik ranah kedinasan, pendidikan, jurnalistik, ekonomi, maupun perdagangan, juga belum membanggakan. Di dalam berbagai ranah tersebut, campur aduk penggunaan bahasa masih terjadi. Berbagai kaidah yang telah berhasil dibakukan dalam pengembangan bahasa juga belum sepenuhnya diindahkan oleh para pengguna bahasa.

Dalam kehidupan kita kegiatan tulis-menulis sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan. Para siswa harus menulis tugas dari gurunya. Para guru harus menulis rencana pembelajarannya. Begitu pula para mahasiswa dan dosen. Para pekerja di kantor harus menulis surat atau laporan kegiatan. Para wartawan dan insan media massa harus menulis berita yang akan yang akan dimuat di medianya. Pendek kata, hampir semua aktivitas manusia tidak dapat dilepaskan dari kegiatan tulis-menulis.

Banyak hal yang harus diperhatikan dalam kegiatan tulis-menulis tersebut. Salah satunya adalah penggunaan bahasanya. Penggunaan bahasa itu meliputi penggunaan ejaan, pemilihan kata, penyusunan kalimat, dan pembuatan paragraf. Semua unsur itu mempunyai kedudukan yang sama. Kita harus menaruh perhatian yang sama ketika menulis. Dalam praktiknya banyak orang yang kurang memperhatikan kaidah ejaan menulis. Akibatnya, banyak sekali kesalahan penggunaan ejaan.
Buku PedomanPenulisan Ejaan
Buku PedomanPenulisan Ejaan

Buku Pedoman Penulisan Ejaan Bahasa Indonesia  Sesuai Dengan Pusat Pembinaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa-Berikut ini kami bagikan Buku Pedoman Penulisan Ejaan yang benar sesuai dengan EYD.Penulisan yang dimaksud meliputi Pemaikan huruf besar,penulisan kata (penulisan gabungan kata berimbuhan,penulisan kata depan,penulisan partikel,penulisan singkatan dan akronim,penulisan angka dan lambang bilangan serta penulisan kata ganti dan kata sandang.)

Selain itu dalam buku ini juga dijelaskan mengenai penggunaan tanda baca dalam sebuah kalimat lengkap dengan contohnya.Misalnya penggunaan tanda titik,koma,titik koma,tanda pisah,tanda titik dua ,tanda hubung,tanda tanya,tanda seru,tanda petik ,tanda kurang dan lain sebagainya.

Langsung saja bapak/ibu guru unduh Buku Pedoman penggunaan Tanda Baca dalam Sebuah kalimat sesuai dengan EYD yang terbaru.Download di bawah ini.
  1. Buku Penyuluhan Ejaan.pdf
  2. Buku Penyuluhan Paragraf.pdf
  3. Buku Penyuluhan Kalimat.pdf
  4. Buku Penyuluhan Bentuk Pilihan Kata (BPK).pdf
Demikian materi terkait dengan Buku Pedoman Penulisan Ejaan Bahasa Indonesia  Sesuai Dengan Pusat Pembinaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.Semoga dengan bapak/ibu guru serta peserta didik mempelajarinya akan menambah penegtahuan dan kecintaan terhadap penggunaan bahasa Indonesia dengan baik dan benar.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Buku Pedoman Penulisan Ejaan Bahasa Indonesia "