ringkasan materi Perubahan sifat pada benda mata pelajaran IPA Kelas 5 SD/MI

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

Selamat malam rekan guru yang ada di selurun Indonesia,maupun para peserta didik yang saya banggakan.Alkahdulillah pada kesempatan malam ini saya masih diberikan kesehatan serat kesempatan untuk bisa menulis sedikit materi tentang Perubahan Sifat pada benda untuk mata pelajaran IPA Kellas 5 SD/MI.

Perubahan-perubahan pada benda biasanya dapat diamati.Sifat-sifat benda dapat dibandingkan antara sebelum dan sesuadh perubahan.Ada yang berubah warnanya,ada pula yang berubah bentuknya,ada yang berubah baunya serta ada pual yang berubah kelenturan maupun kekerasannya.Ada beberapa faktor yang menyebabkan perubahan pada benda di antaranya adalah:
  1. Pemanasan
  2. Pendinginan
  3. Pembakaran
  4. Percampuran dengan air
  5. Pembususkan
  6. Perkaratan
1. Pemanasan
Perubahan bentuk benda yang disebabkan karena pemanasan adalah es batu yang dipanaskan akan berubah wujud menjadi air.Ynag smula berupa benda padat kemudikan setelah dipanaskan bentuknya menjadi zat cair.Mentega yang dipanaskan juga akan menjadi mencair atau meluber.Akan tetepi jika di  dinginkan mentega akan kembali menjadi memadata seperti semula.

2. Pendinginan
Perubahan ini terjadi pada air minum yang kita dinginkan kedalam freezer atau kulkas.Setelah beberapa jam air akan berubah wujudnya menjadi es batu dan memadat.

3. Pembakaran
Kerta atau buku tulis yang kita bakar akan berubah menjadi arang.Bentukkertasyang semual lembaran akan berubah menjadi arang.Warna kerats yang semual putih akan menjadi hitam.Misalkan juga pada kayu,kemudian karet ban dan lilin yang di bakar.Kalian bisamenyebutkan perubahan apa saja yang aakn terjadi.

4. Percampuran dengan air
Semen yang dicampur dengan air mula-mula menjadi cairan yang mengental.Akan tetapi,lama kelamaan semen akan memadat.Bentuk semen yang berupa serbuk menjadi padat.Semen yang bersifat lunak menjadi keras.Kemudian gula atau garam yang dicampur dengan air ,lalu kemudian di aduk maka akan larut.Bentuk gula maupun garam tidak akan terlihat lagi.Bila airnya diuapkan ,gula dan garam berubah kembali menjadi padat.

5. Pembusukan
Pembusukan terjadi pada buah,sayuran,atau makanan yang dibiarkan di uadara terbuka,lama kelamaan akan mengalami proses pembusukan.Buah atau sayur yang semula keras lama kelamaan berubah menjadi lunak dan berair.Warna buah atau sayur berubah menjadi kecoklatan.Buah yang semula harum berubah menjadi bau busuk dan tidak sedap.Kemudian juga daging hewan yang semula kenyal,alam kelamaan berubah menjadi lunak dan berair.Warna nya pun berubah menjadi kecoklatan atau hitam.

6.Perkaratan
Logam seperti besi bila terkena iar atau uap air lama kelamaan akan mengalami proses perkaratan.Warna besi atau seng berubah menjadi coklat atau hitam.Besi dan seng yang semula keras kokoh dan kuat berubah menjadi mudah patah dan rapuh.

Perubahan wujud yang dapat kembali dan perubahan wujud yang tidak dapat kembali

A.Perubahan wujud dapat kembali adalah perubahan wujud suatu benda yang semula telah berubah bentuk,warna atau baunya jiak di panaskana tau di dinginkan akan berubah bentuk ke bentuk semula.Perubahan yang dapat kembali ini disebabkan karena proses pemanasana,pendinginan,dan percampuran dengan air.

B.Perubahan wujud benda yang tidak dapat kembali adalah perubahan wujud benda yang tidak dapat kembali ke bentuk semual setelaha mengalami perubahan bentuk,warna,bau maupun kekerasan.Faktor yang menyebabkan ini adalah karena proses pembusukan,perkaratan serta pembakaran.

Silahkan unduh media pembelajaran yang menarik untuk para siswa dikelas agar tidak jenuh dan bosan dengan materi yang kita ajarkan diantaranya adalah:

Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "ringkasan materi Perubahan sifat pada benda mata pelajaran IPA Kelas 5 SD/MI"