Pedoman Pelaksanaan OGN SMA/SMK/SLB Tahun 2019

Pedoman Pelaksanaan OGN SMA/SMK/SLB Tahun 2019 

Pedoman Pelaksanaan OGN SMA/SMK/SLB Tahun 2019 - Guru merupakan pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar,membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Sebagai pendidik profesional, guru dituntut memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan. Selaras dengan kebijakan pembangunan yang meletakkan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai prioritas pembangunan nasional, maka kedudukan dan peran guru semakin bermakna strategis dalam mempersiapkan SDM yang cerdas intelektual dan berkualitas karakternya, sehingga memiliki daya saing tinggi dan kompetitif di era globalisasi.

Dalam rangka menyelaraskan kebijakan pembangunan tersebut, maka perlu adanya kegiatan yang dapat menjadi sarana pengembangan kompetensi dan profesionalitas guru, baik pada tataran nasional, regional, maupun internasional. Salah satu kegiatan tersebut adalah pelaksanaan Olimpiade Guru Nasional (OGN). Pelaksanaan OGN diharapkan dapat digunakan oleh guru sebagai sarana untuk pengembangan kompetensi diri melalui pengujian terhadap materi ajar yang diampunya, pengembangan bahan ajar dan/atau media pembelajaran.
Pedoman Pelaksanaan OGN SMA/SMK/SLB Tahun 2019
Pedoman Pelaksanaan OGN SMA/SMK/SLB Tahun 2019 
Untuk mewujudkan harapan tersebut, Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan Olimpiade Guru Nasional (OGN) 2019. Pada kegiatan OGN tahun 2019 ini akan diikuti oleh guru SMA/SMK/SLB yang mengampu mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris; guru SMA/SMK yang mengampu mata pelajaran Fisika, Biologi, Ekonomi, Sosiologi, dan Bahasa Jepang; serta guru SLB yang mengampu mata pelajaran Program Kebutuhan Khusus. Pedoman ini disusun sebagai acuan pelaksanaan OGN tingkat provinsi dan nasional yang objektif, transparan, dan akuntabel.

Peningkatan kompetensi dan profesionalitas guru menjadi salah satu ranah kebijakan di bidang pendidikan. Kebijakan ini dibuat sebagai bagian dari upaya meningkatkan mutu sumber daya manusia dalam mewujudkan pendidikan Indonesia yang mampu bersaing dalam era global. Untuk itu perlu diselenggarakan berbagai kegiatan yang bertujuan memotivasi guru dalam meningkatkan proses pembelajaran yang menarik, menyenangkan, dan mendorong peserta didik berpikir tingkat tinggi. 

Salah satu bentuk kegiatan tersebut adalah Olimpiade Guru Nasional (OGN) yang akan diikuti oleh guru SMA/SMK/SLB melalui proses seleksi di tingkat provinsi.Pedoman ini disusun untuk digunakan sebagai acuan pelaksanaan OGN di tingkat provinsi dan nasional serta pemangku kepentingan terkait pelaksanaan OGN. Semua pemangku kepentingan kegiatan OGN harus mengikuti rambu-rambu teknis yang tertuang pada pedoman pelaksanaan OGN.

Pengertian OGN
OGN merupakan ajang kompetisi bagi guru mata pelajaran di satuan pendidikan
SMA/SMK/SLB.

B. Mata pelajaran yang Dilombakan
  • Matematika : guru SMA/SMK/SLB
  • Bahasa Indonesia : guru SMA/SMK/SLB
  • Bahasa Inggris : guru SMA/SMK/SLB
  • Fisika : guru SMA/SMK
  • Biologi : guru SMA/SMK
  • Ekonomi : guru SMA/SMK
  • Sosiologi : guru SMA/SMK
  • Bahasa Jepang : guru SMA/SMK
  • Program Kebutuhan Khusus : guru SLB

C. Sasaran

Sasaran kegiatan OGN adalah guru SMA/SMK/SLB yang mengampu mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris; guru SMA/SMK yang mengampu mata pelajaran Fisika, Biologi, Ekonomi, Sosiologi, dan Bahasa Jepang serta guru SLB yang mengampu mata pelajaran Program Kebutuhan Khusus.

Selengkapnya mengenai persyaratan dan pelaksanaan OGN Guru SMA/SMK/SLB Tahun 2019 bisa unduh buku pedomannya lewat link di bawah ini.

  1. Pedoman OGN Dikmen & Diksus Tahun 2019 SMA/SMK/SLB.pdf
  2. Pamflet-OGN- Tahun 2019 SMA/SMK/SLB.pdf
  3. Surat Informasi Pelaksanaan OGN Dikmen & Diksus Tahun 2019.pdf

Bagi rekan guru yang ing mengunduh contoh soal OGN SMA,Kami persilahkan download di bawah ini:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pedoman Pelaksanaan OGN SMA/SMK/SLB Tahun 2019 "