Materi PLPG Pedagogik dan Profesional Guru Kelas SD 2017

Assalamu'alaikum Wr.Wb.
Salam Edukasi Indonesia,

Selamat malam sahabat guru serta rekan tenaga kependidikan yang ada di seluruh nusantara.Selamat datang dan berjumpa kembali dengan saya di blog liputanguruindonesia.blogspot.co.id.Pada kesempatan malam ini saya akan berbagi materi seputar Materi PLPG Pedagogik dan Profesional Guru kelas SD tahun 2017 rayon 113 UNS Surakarta.
Jadwal PELAKSANAAN PLPG
materi Pedagogik dan Profesionalisme PLPG Tahun 2017
Sertifikasi Guru Merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kesejahteraan guru serta meningkatkan profesionalisme seorang pendidik.Guru wajib mengikuti kegiatan PLPG(Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru) sebelum mendapatkan Sertifikat Pendidik.
Baca juga : Jadwal dan Tata Tertib Mengikuti PLPG 2017
Materi Pedagogik dan Profesionalisme merupakan bagian dari 4 kompetensi guru yang akan diujikan dalam kegiatan PLPG baik saat pretes atau UKG maupun kegiatan Pos Tes.Menurut Undang-undang nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen dijelaskan bahwa kompetensi guru meliputi kompetensi Pedagogik,Profesionalisme,Kepribadian dan sosial.

Kompetensi Pedagogik kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik,yaitu kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran di kelas yang meliputi pemahaman terhadap karakteristik peserta didik,perancangan dan pelaksanaan kegiatan pembelajaran,evaluasi pembelajaran,dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai kompetensi yang dimiliki.

Kompetensi profesional meliputi kepakaran atau keahlian dalam bidangnya yaitu penguasaan bahan yang harus diajarkan beserta metodenya,rasa tanggung jawab akan tugasnya dan rasa kebersamaan dengan sejawat guru yang lainnya.Asian Institut for Teacher Education mengemukakan kompetensi profesional guru mencakup kemampuan dalam hal yaitu:

  1. mengerti dan dapat menerapkan landasan pendidikan baik filosofis, psikologis, dan sebagainya,
  2.  mengerti dan menerapkan teori belajar sesuai dengan tingkat perkembangan perilaku peserta didik,
  3.  mampu menangani mata pelajaran atau bidang studi yang ditugaskan kepadanya, 
  4. mengerti dan dapat menerapkan metode mengajar yang sesuai,
  5. mampu menggunakan berbagai alat pelajaran dan media serta fasilitas belajar lain,
  6. mampu mengorganisasikan dan melaksanakan program pengajaran,
  7.  mampu melaksanakan evaluasi belajar dan
  8. mampu menumbuhkan motivasi peserta didik.
Sebagai bahan persiapan untuk mengikuti PLPG tahun 2017,alangkah baiknya bapak/ibu guru mempelajari mater-materi pedagogik dan profesionalisme terlebih dahulu.Tujuannya adalah agar bapak/ibu guru selama emngikuti PLPG memiliki modal pengetahuan dan kesiapan materi.
Baca juga : Kisi-Kisi contoh soal UTN PLPG 2016
Berikut ini sudah saya siapkan Materi PLPG Pedagogik dan Profesional Guru Kelas SD 2017 yang bisa bapak/ibu guru unduh secara gratiss..
  1. GURU-KELAS-SEKOLAH-DASAR-PEDAGOGIK.pdf
  2. BIDANG-BAHASA-INDONESIA.pdf
  3. MATEMATIKA.pdf
  4. PENDIDIKAN-KEWARGANEGARAAN-PKN.pdf
  5. ILMU-PENGETAHUAN-ALAM.pdf
  6. ILMU-PENGETAHUAN-SOSIAL.pdf
  7. SOAL URAIAN PEDAGOGIK SD.docx
Baca juga :  Suplemen sumber belajaran PLPG tahun 2017 semua jenjang
Demikian Materi PLPG Pedagogik dan Profesional Guru Kelas SD 2017 yang dapat saya bagikan pada kesempatan malam ini.Semoga bermanfaat bagi bapak/ibu guru yang akan emngikuti kegiatan PLPG tahun ini.Silahkan bagikan kepada rekan guru yang lain mungkin ada yang membutuhkan.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Materi PLPG Pedagogik dan Profesional Guru Kelas SD 2017"